Rabu, 29 Agustus 2012

Mengelola Bisnis Sapi Potong (lanjutan-1)

Lanjutan
Melanjutkan posting saya sebelumnya, kali ini kita akan membahas tentang mencari investor. Ide saya kali ini berdasarkan pengalaman saya waktu dulu mau jualan tapi gak punya modal , bukan dari teori2 orang pinter, jadi silahkan diberikan saran dari agan-agan sekalian. Ini berlaku umum untuk bisnis apa aja.
Sebagai permulaan kita tentukan dulu investor yang potensial akan menanamkan modalnya di bisnbis kita. Untuk langkah awal sebaiknya carilah investor dari orang-orang yang dekat dengan anda. Hal ini dimaksudkan agar anda lebih mudah dalam memperoleh investor. Investasi sangat tergantung dari kepercayaan, jadi anda harus bisa menyakinkan calon investor agar mau menanamkan modalnya pada anda. Akan sulit sekali untuk mencari pemodal pada tahap awal ini. Biasanya orang akan mau berinvestasi yang untungnya sudah jelas dan sudah terbukti. Kesabaran untuk menyakinkan orang dan rasa percaya diri yang tinggi (jangan malu-malu) merupakan modal utama.
Ada dua cara yang saya sarankan dalam mencari investor ini, yaitu:
1. Dengan Jaminan (hanya pembagian keuntungan dan tidak ada pembagian resiko kerugian)
Cara ini mengharuskan anda untuk menjamin setiap investasi dari para investor jika terjadi resiko kegagalan investasi. Sebuah resiko yang cukup besar, namun dengan cara ini akan lebih mudah bagi anda untuk memperoleh modal. Dengan cara ini anda mengambil persentase keuntungan yang lebih besar karena anda diharuskan untuk menanggung resiko kegagalan dalam investasi.
2. Tanpa Jaminan (resiko dan keuntungan ditentukan berdasarkan kesepakatan)
Cara ini kebalikan dari yang tadi, untung dan rugi dibagi bersama. Sebenarnya lebih sulit untuk memperoleh investor pada tahap awal, namun jika investasi anda sudah berhasil, orang akan mudah untuk diajak berinvestasi dengan cara ini. Bahkan mungkin anda yang dicari orang untuk berinvestasi :).

Sementara sekian dulu aja deh, nanti disambung lagi ya! :)

1 komentar: